Sejarah Singkat

SMA Negeri 1 Paiton berkedudukan di kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, didirikan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0887/01/1986 Tertanggal 22 Desember 1986.

Pada mulanya Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Probolinggo a.n Astomo, BA diberikan mandat untuk mempersiapkan SMA Negeri 1 Paiton baik secara fisik dan non fisik. Aspek fisik meliputi: Sarana Prasarana kegiatan Belajar dan aspek non fisik meliputi: Staff Tata Usaha (TU), Guru, dan Siswa. Untuk Sarana Prasarana pada Tahun Ajaran (T.A) 1986-1987 masih bergabung dengan SMPN 1 Paiton. Selama bergabung dengan SMPN 1 Paiton, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung siang hari - sore hari hingga T.A 1987-sekarang telah memiliki sarana dan prasarana secara mandiri dan KBM dimulai Pagi hari. Untuk Guru atau Pendidiknya belum memiliki guru tetap melainkan guru pinjaman sebagian besar dari SMAN 1 Kraksaan dan beberapa dari SMPN 1 Kraksaan, serta SMPN 1 Paiton. Dari hal tersebut, Awalnya SMA Negeri 1 Paiton merupakan sekolah filial dari SMA Negeri 1 Kraksaan.

Siswa-siswi, guru dan tenaga administrasi pada waktu awal berdirinya T.A 1986 - 1987 terdiri dari:

Siswa : 3 Kelas
Jurusan : IPA: 2 Kelas
  : IPS: 1 Kelas
Guru : Guru Pinjaman dari SMAN 1
  : Kraksaan, SMPN 1 Kraksaan,
  : dan SMPN 1 Paiton
Staff TU : 1 Staff

Seiring berjalannya waktu, Perkembangan fisik dan non fisik SMA Negeri 1 Paiton hingga saat ini berlangsung cukup pesat. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebutuhan dan perkembangan Siswa. Pada tahun 2003 terjadi paradigma baru sebagai konstelasi dari pertumbuhan penduduk dan PLTU Paiton. Pada Tahun tersebut, sekolah telah memiliki 9 kelas dan berkembang menjadi 12 Kelas di tahun 2006 terus berkembang pesat menjadi 23 kelas tahun 2010. Tuntuan dari masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya menyebabkan terciptanya sinergi dari lingkungan sekitar untuk membangun SMA Negeri 1 Paiton secara bersama. PT IPMOMI salah satu operator PLTU Paiton; Pemkab Probolinggo melalui Bupati Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si menyumbang 3 RKB sekaligus dan bantuan pusat melalui PPMU Provinsi Jatim.

PT IPMOMI sebagai Stakeholder dan Partner dengan kontribusi besar dalam dunia pendidikan khususnya SMA Negeri 1 Paiton pada tahun 2010: Greenhouse, 2011: 1 Kelas baru, 2012: gedung serbaguna, Kontribusi terus berlangsung masif sampai saat ini. Kontribusi tersebut merupakan kepercayaan dan patut disyukuri serta Kami ucapkan Terima Kasih.

LOKASI SEKOLAH

T.A 1986-1987: SMPN 1 Paiton, Jalan Pakuniran Paiton, Dusun Pesantren Kec. Paiton 

T.A 1987-Sekarang: Jalan Pakuniran Paiton, Dusun Kota RT 14B RW 06 Desa Sukodadi Kec. Paiton Kab. Probolinggo

  • Bagikan:

Galeri dan Dokumentasi